https://bajawa.times.co.id/
Olahraga

Indra Sjafri: Toulon Cup Asah Kualitas Timnas Indonesia U-20

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:48
Indra Sjafri: Toulon Cup Asah Kualitas Timnas Indonesia U-20 Pemain Timnas Indonesia U-20 melakukan pemanasan dalam sesi latihan terakhir di Lapangan ABC, GBK, Jakarta, Jumat (24/5/2024), sebelum berangkat ke Italia untuk menjalani TC. (Foto: ANTARA/Donny Aditra)

TIMES BAJAWA, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, menyatakan bahwa Maurice Revello Tournament atau Toulon Cup 2024 di Prancis menjadi kesempatan uji coba berkualitas bagi timnya untuk mempersiapkan generasi pemain senior berikutnya.

Indra mengungkapkan bahwa pemain dan tim pelatih sangat senang dengan dukungan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk melawan pemain yang lebih senior dari Eropa, seperti dari Ukraina, Prancis, dan Italia.

"Kami menjadikan ini sebagai ajang uji coba bagi U-20, jadi kami selalu membawa pemain berusia segitu meskipun lawannya lebih tua," ujar Indra setelah memimpin latihan terakhir di Lapangan ABC, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat pagi, sebelum berangkat ke Italia untuk pemusatan latihan (TC).

Indra menambahkan bahwa Indonesia selalu mengikutsertakan pemain di bawah 19 atau 20 tahun dalam tiga kali keikutsertaannya di turnamen ini untuk memberikan pengalaman berharga kepada para pemain muda.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa 30 pemain akan berangkat dalam tiga gelombang mulai tengah malam nanti. Di Italia, beberapa pemain diaspora akan bergabung, termasuk Jens Raven yang saat ini bermain untuk FC Dordrecht U-21 sebagai penyerang.

"Jumlah pemain diaspora yang bergabung masih fluktuatif. Mungkin masih ada beberapa yang akan kami evaluasi perkembangannya," kata Indra yang juga Direktur Teknik PSSI.

Selama TC di Italia, timnas U-20 akan berlatih di markas Como 1907 pada 26-31 Mei. Setelah itu, mereka akan berangkat ke Toulon, Prancis untuk mengikuti turnamen yang berlangsung dari 3-16 Juni. Indonesia akan memulai babak grup melawan timnas Ukraina U-23 pada 4 Juni, dilanjutkan dengan melawan Panama U-21 pada 6 Juni, Jepang U-21 pada 8 Juni, dan Italia U-21 pada 12 Juni.

Selain mengikuti Turnamen Toulon 2024 di Prancis, tim Garuda Muda juga dipersiapkan untuk Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2024, dan Piala Dunia U-20 2025. Indra Sjafri telah mempersiapkan fisik para pemain seperti Arkhan Kaka dan rekan-rekannya sejak beberapa bulan lalu untuk menghadapi rangkaian pertandingan dan turnamen ini. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bajawa just now

Welcome to TIMES Bajawa

TIMES Bajawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.