https://bajawa.times.co.id/
Berita

Jutaan Warga Iran Antar Jenazah Ebrahim Raeisi ke Pemakaman

Jumat, 24 Mei 2024 - 07:02
Jutaan Warga Iran Antar Jenazah Ebrahim Raeisi ke Pemakaman Masyarakat Teheran berkumpul dalam jumlah besar untuk berpartisipasi dalam upacara pemakaman mendiang Presiden Ebrahim Raeisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian. (FOTO: Tehran Times)

TIMES BAJAWA, JAKARTA – Sekitar 3 juta warga Iran berpartisipasi dalam prosesi pemakaman presiden Ebrahim Raeisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian dan rekan-rekannya di Masyhad.

Pemakaman Ebrahim Raeisi berlangsung Kamis siang pukul 14.00 di Masyhad (malam waktu Indonesia) Provinsi Razavi Khorasan. Jenazahnya dimakamkan di tempat suci Razavi.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian yang juga meninggal dunia dalam peristiwa kecelakaan helikopter itu, pemakamannya dilaksanakan di Tempat Suci Shah Abdol-Azim Hasani untuk dimakamkan.

Menteri Dalam Negeri Iran, Ahmad Vahidi dan anggota keluarga Presiden Martir Iran Ebrahim Raeisi juga  berpartisipasi dalam upacara pemakaman presiden Iran itu.

Sementara itu upacara pemakaman Hossein Amirabdollahian diawali dengan kehadiran para pejabat dan masyarakat negara di Teheran.

Upacara pemakaman  Amirabdollahian berlangsung di Lapangan Mashq di gedung Kementerian Luar Negeri di ibu kota Teheran, dengan dihadiri oleh pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri.

Setelah upacara, jenazah martir Amirabdollahian  dipindahkan ke Tempat Suci Shah Abdol-Azim Hasani untuk dimakamkan.

Presiden Raisi dan rombongan, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollhian itu baru saja kembali dari sebuah acara di perbatasan dengan Azerbaijan untuk meresmikan proyek bendungan pada hari Minggu ketika helikopter yang  mereka tumpangi jatuh ditengah cuaca buruk di daerah pegunungan di barat laut Iran.

Walikota Masyhad mengumumkan bahwa menurut perkiraan awal, 3 juta pelayat telah berpartisipasi dalam pemakaman presiden dan rekan-rekannya itu di Masyhad.

Pesawat yang membawa jenazah Presiden Ayatollah Ebrahim Raeisi, yang menjadi meninggal dalam kecelakaan pesawat di barat laut Iran itu tiba di Bandara Hasheminejad Mashhad pada hari Kamis.

Keluarga Martir Raeisi juga tiba di Bandara Hasheminejad Masyhad di mana mereka disambut oleh sekelompok pejabat.

Sejumlah besar orang dan sekelompok pelayan tempat suci Imam Reza berkumpul di bandara Masyhad untuk memberikan penghormatan kepada mendiang presiden.

Pada saat yang sama, Tempat Suci Imam Reza sedang mempersiapkan tempat pemakaman presiden Raeisi.

Masyarakat yang menunggu dimulainya upacara pemakaman, mengadakan salat Zuhur di jalan Masyhahd.

Mereka yang datang dari berbagai lapisan masyarakat iti telah menghadiri upacara perpisahan yang megah ini.

Rekaman udara  memperlihatkan kehadiran para pecinta Raeisi secara masif dan mulia di Masyhad.

Rekaman tersebut memperlihatkan pemakaman jenazah  presiden Ayatollah Seyyed Ebrahim Raeisi, di serambi Dar al-Salam, di tempat suci Imam Reza (PBHU).

Menurut laporan, akibat kepadatan tersebut, pergerakan kendaraan yang membawa jenazah para syuhada dilakukan secara perlahan. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bajawa just now

Welcome to TIMES Bajawa

TIMES Bajawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.