https://bajawa.times.co.id/
Berita

Panduan Bagi Jemaah Haji Indonesia Agar Jaga Keamanan dan Hindari Tersesat

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:38
Panduan Bagi Jemaah Haji Indonesia Agar Jaga Keamanan dan Hindari Tersesat Jemaah Haji Indonesia tiba di BUIRA Jeddah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMES BAJAWA, MADINAH – Ibadah haji adalah momen yang sangat istimewa dan suci dalam kehidupan umat Islam. Oleh karena itu, persiapan yang baik sangatlah penting agar rangkaian ibadah haji dapat dilaksanakan dengan khidmat dan penuh khusyuk. 

Namun, sebagian jemaah haji Indonesia sering merasa khawatir tersesat ketika keluar dari hotel menuju Masjidil Haram. Kekhawatiran ini kadang mengganggu ketenangan hati dan jiwa mereka saat beribadah.

Kepala Seksi Pelindungan Jemaah Daerah Kerja (Daker) Makkah, Ali Nurokhim, menyampaikan bahwa petugas haji bidang Pelindungan Jemaah (Linjam) selalu siap siaga untuk memberikan perlindungan kepada jemaah haji selama masa operasional haji. 

“Tugas kami adalah berupaya memberikan pelindungan kepada jemaah haji selama masa operasional haji. Kami telah menggelar personel Linjam ke sektor-sektor pemondokan jemaah di Daker Makkah dan Sektor Khusus (Seksus) Masjidil Haram,” ujar Ali Nurokhim, Jumat (24/5/2024). 

Petugas Linjam yang berada di sektor pemondokan bertugas melindungi jemaah haji Indonesia yang tinggal di hotel, sementara petugas Linjam di sektor khusus bertugas melindungi jemaah yang sedang beribadah di Masjidil Haram.

Pos Pelindungan Jemaah di Sekitar Masjidil Haram

Untuk memaksimalkan perlindungan, Kepala Sektor Khusus telah menempatkan sembilan pos di sekitar Masjidil Haram:

- Pos 1 di Terminal Syib Amir

- Pos 2 di pintu Marwa

- Pos 3 di area Sa’i

- Pos 4 di area Tawaf

- Pos 5 di pintu Babussalam

- Pos 6 di samping kanan Tower Zamzam (depan toilet 3)

- Pos 7 di samping kiri Tower Zamzam

- Pos 8 di sebelah kiri Hotel Darut Tauhid

- Pos 9 di area perluasan Masjidil Haram

Keberadaan pos-pos ini diharapkan dapat membantu jemaah haji dan menghilangkan kekhawatiran saat bingung arah pulang ke pemondokan, sehingga mereka bisa tenang dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah di Masjidil Haram. Anggota sektor khusus Masjidil Haram siap sedia selama 24 jam untuk melindungi jemaah haji Indonesia. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bajawa just now

Welcome to TIMES Bajawa

TIMES Bajawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.