Gaya Hidup

Uang Suka Habis, Yuk Mulai Gaya Hidup Minimalis

Senin, 14 Juni 2021 - 01:19
Uang Suka Habis, Yuk Mulai Gaya Hidup Minimalis Ilustrasi gaya hidup minimalis. (Foto: Freepik.com)

TIMES BAJAWA, SURABAYA – Minimalisme atau gaya hidup minimalis ini banyak diadopsi orang-orang Jepang. Gaya hidup minimalis sendiri adalah gaya hidup yang mengedepankan kesederhanaan hidup dan tidak berlebihan dalam segala hal.

Lalu bagaimana caranya memulai gaya hidup minimalis. Berikut tipsnya.

1. Buat alasan kenapa Anda harus menjalankan gaya hidup minimalis. Apakah karena gaji selalu habis, ataukah sifat konsumtif yang tidak bisa berhenti. Cobalah untuk menuliskan alasan di sebuah kertas lalu letakkan di tempat yang biasa Anda lihat.

2. Jauhkan benda-benda yang mirip. Karena prinsip gaya hidup minimalis adalah kesederhanaan maka Anda perlu menjauhkan barang-barang yang dirasa berlebihan dan tidak memiliki nilai guna tertentu. Anda bisa menyumbangkan barang tersebut atau menjualnya.

3. Buat area anti berantakan. Kita bisa mulai menata meja kerja, meja rias atau area dapur yang bersih. Hal ini sebegai inspirasi untuk hidup dengan sedikit barang.

4. Treveling ke manapun. Traveling atau jalan-jalan adalah salah satu cara bagaimana hidup sederhana. Ketika kita traveling ke suatu tempat tirulah budaya gaya hidup sederhana di tempat tersebut.

5. Bijak lah dalam berpakaian. Mulailah untuk mengeluarkan isi baju di lemari yang sudah tidak dipakai lagi. Baju yang sudah tidak dipakai kita bisa sumbangkan. Sementara isilah lemari dengan baju-baju yang kerap kali kita pakai. Belilah baju-baju berkualitas dan tahan lama.

6. Bijak dalam makanan. Meski prinsip gaya hidup minimalis adalah kesederhanaan, kita tak lantas membeli makanan yang yang tak sehat. Karena makan makanan sehat akan membuat kita tak mudah sakit.

7. Menabung sesuai kemampuan. Mulailah menabung 10 hingga 30 persen dari jumlah gaji yang didapatkan. Semakin kita berhemat hidup juga akan semakin sederhana.

Itulah tadi cara memulai gaya hidup minimalis. Gaya hidup seperti ini akan membuat kita lebih tenang dan tidak resah karena sifat konsumtif itu berlahan akan sedikit bisa terkontrol. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bajawa just now

Welcome to TIMES Bajawa

TIMES Bajawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.