https://bajawa.times.co.id/
Berita

KPUD Sumba Timur: Calon Perseorangan Sudah Bisa Kumpulkan Surat Dukungan

Selasa, 16 April 2024 - 09:20
KPUD Sumba Timur: Calon Perseorangan Sudah Bisa Kumpulkan Surat Dukungan Ketua KPUD Sumba Timur Marthen Tanggu Rami. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMES BAJAWA, SUMBA TIMUR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumba Timur mengatakan, persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumba Timur bagi calon perseorangan sudah bisa mengumpulkan surat dukungan.

“Persiapan Pilkada 2024 Sumba Timur kami sudah umumkan bagi calon perseorangan sudah bisa mengumpulkan surat dukungan dari masyarakat,” kata Ketua KPUD Sumba Timur Marthen Tanggu Rami, Selasa (16/4/2024).

Ia menjelaskan, persyaratan dukungan calon perseorangan melalui jalur independen sudah diumumkan pada Maret 2024 lalu melalui media publikasi Herdes KPUD Sumba Timur jika ada yang ingin berkonsultasi.

“Jadi semuanya sudah disiapkan formatnya untuk dukungan agar siapa yang mau melalui jalur independen mereka bisa mencari dukungan dengan mengumpulkan KTP,” tuturnya.

Marthen menambahkan, pihaknya sudah menetapkan dengan keputusan KPU tentang syarat minimal dan persebaran karena sesuai dengan ketentuan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 dengan syarat dukungan berdasarkan jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Marthen menyebut, ketentuan Pilkada kalau kurang dari 250 ribu jiwa maka dukungan paling sedikit 10 persen sedangkan lebih dari 250 ribu sampai 500 ribu jiwa paling sedikit 8,5 persen sedangkan 500 ribu hingga 1 juta jumlah dukungan paling sedikit 7,5 persen, dan diatas 1 juta 6,5 persen.

“Nah, kebetulan kita di Sumba Timur ini berdasarkan keputusan 330 yang lalu ditetapkan di Hotel Padadita tentang DPT bahwa kita jumlah DPT sebanyak 186.181 pemilih maka ada di kisaran dibawah 250ribu jadi syarat minimalnya 10 persen jadi bisa dapat di 18.619 dan kami sudah buat keputusannya yang nanti disebarkan di Kecamatan sebanyak 50 persen dari 22 Kecamatan jumlah pemilih yang ada di DPT,”ujarnya.

Marthen juga mengakui bahwa jalur independen sudah dilaksanakan pengumuman bagi calon perseorangan sedangkan dari Partai politik belum ditetapkan calon terpilih karena pihaknya masih menunggu tindak lanjut dari KPU Pusat.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada 2024 Sumba Timur pihak KPUD sudah siap. Pada prinsipnya PKPU pelaksanaan tahapan Pilkada sudah keluar bahkan anggaran juga sudah disetujui dengan Pemerintah Daerah tinggal menunggu pelaksanaannya. (*)

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bajawa just now

Welcome to TIMES Bajawa

TIMES Bajawa is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.